Hindari 6 Kesalahan Saat Beli Laptop Baru

shares |

Membeli laptop baru terkadang bukan hal mudah. Banyaknya pilihan laptop yang tersedia, apalagi dengan tipe laptop baru yang terus bermunculan menjadikan kita memiliki terlalu banyak pilihan. Mungkin Anda begitu cinta terhadap laptop merek tertentu, atau ada spesifikasi khusus untuk laptop yang ingin dibeli, seperti misalnya laptop itu haruslah menggunakan processor Intel, dan kriteria lainnya.
Apapun kemudian pertimbangan Anda saat membeli laptop baru, sebaiknya jangan sampai kesalahan berikut ini menimpa diri Anda.


1. Beli laptop yang terlalu mahal dari kemampuannya

Tidak selalu yang lebih mahal selalu lebih baik. Hal tersebut seperti yang terjadi pada Macbook yang dilengkapi dengan touchbar. Bagi beberapa orang, adanya fitur tersebut justru merepotkan. Apalagi siapapun tahu kalau harga laptop Apple itu dijual lebih tinggi dari kebanyakan. Dengan begitu, pelajaran yang bisa Anda petik, tidak selalu yang berharga mahal itu lebih baik.


2. Membeli laptop yang paling murah

Sebaliknya yang paling murah pun sebaiknya Anda hindari. Ya, mungkin bagi yang kemampuan daya belinya terbatas, laptop jenis tersebut bisa menjadi solusinya. Sebab mau dikata apa lagi. Dananya memang benar-benar pas-pasanTapi sebaikya Anda tidak menirunya. Karena jelas laptop tersebut memiliki spesifikasi yang juga rendah. Artinya, nantinya Anda akan repot sendiri saat menggunakannya sebab laptop tersebut tidak bekerja maksimal seperti yang Anda harapkan. Kinerja laptopnya lambat dan mungkin juga sering crash.
Nah daripada mencari laptop yang paling murah, cari laptop yang sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa buat daftar mengenai laptop yang Anda inginkan beserta spesifikasinya. Setelah itu barulah Anda mencari laptop jenis tersebut.

3. Tidak memertimbangkan kebutuhan laptop untuk beberapa tahun ke depan

Maksudnya, yang dibutuhkan hanya laptop dengan spesifikasi untuk saat ini saja. Padahal dalam 2 sampai 3 tahun ke depan, sangat mungkin kebutuhan Anda makin meningkat. Karena itulah kemudian banyak yang terjebak dengan membeli laptop spesifikasi standar.
Padahal kalau dipikir lebih jauh, dalam beberapa tahun mendatang, saat kebutuhan kita meningkat, rasanya laptop yang sudah kita miliki ini out of date. Karenanya, lebih baik membeli laptop yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari yang kita butuhkan. Contohnya misalnya awal kita hanya berencana untuk membeli laptop dengan RAM 2GB. Lebih bijak kalau kemudian Anda membeli laptop dengan RAm 4GB karena pasti dalam waktu sebentar saja anda mungkin membutuhkan peningkatan spesifikasi tersebut.

4. Tidak mempertimbangkan kompatibiltas laptop

Sebagai contoh untuk port USB yang dipakai di banyak laptop saat ini adalah USB 2.0. Kalau laptop yang tersedia baru memiliki USb tipe 1.0 jelas itu akan merugikan anda. Sebab nantinya akan menyulitkan diri Anda sendiri.

5. Ukuran layar dipandang tidak jadi masalah

Ini juga kekeliruan yang fatal. Ukuran layar laptop itu sangat berpengaruh terhadap kenyamanan melihat laptop. Paling tidak, untuk ukuran layar standar setidaknya adalah 14 inch. Itu untuk kebutuhan kerja standar.
Namun penting juga diperhatikan siapa penggunanya. Jika yang menggunakan laptop tersebut adalah anak usia sekolah membeli laptop ukuran 11 inch pun tidak jadi soal.

6. Hanya terpaku apda satu spesifikasi saja

Misalnya Anda hanya mempertimbangkan mengenai RAM atau processor saja. Pertimbangan tersebut kurang komprehensif sebab setiap komponen itu berperan dalam menghasilkan laptop yang berkualitas.

Nah itulah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan saat membeli laptop. Tentu boleh saja Anda melihat daftar harga jual laptop murah, tapi yang paling penting pastikan itu memang sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Sehingga nantinya laptop tersebut bisa berfungsi secara optimal seperti yang Anda inginkan. Dengan begitu Anda bisa memiliki laptop berkualitas baik. Kalau misalnya Anda butuh ide mengenai laptop apa yang baik dibeli, tengok saja di situs jual laptop terbaik.                

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment